Follow Us @soratemplates

Thursday, November 27, 2008

Ribbon Embroidery (Part 2)


Sudahkah anda mengenal tentang sulam pita? Akhir-akhir ini sulam pita kembali merebak sebagai hobby yang lumayan banyak menarik minat berbagai kalangan, terutama wanita dengan berbagai tingkat usia. Bahkan tak jarang beberapa kantor banyak menyewa beberapa ahli sulam pita untuk mengajarkan keahlian mereka kepada kaum hawa yang bekerja di instansi mereka. Lumayan, sebagai hiburan untuk penghilang penat, sulam pita bisa menjadi alternatif menambah tebal kocek anda.
Aplikasi sulam pita banyak ditemui pada pakaian wanita. Umumnya, sulam yang digunakan untuk mempercantik gaun perempuan ini bermotif bunga-bunga dengan sulur-sulur dan daun yang menawan. Uniknya lagi, kita bisa memilih berbagai warna untuk mempertegas motif kembang yang kita inginkan. Semuanya bisa sesuai dengan keinginan anda, bahkan jika anda memiliki keahlian sulam pita ini, anda bisa berimprovisasi pada motif dan warna pita sekehendak hati anda, tak perlu melulu terpaku pada motif yang sudah ada.

Harga pakaian bersulam pita yang ada di pasaran-pun tak bisa dibilang murah. Untuk satu blus cantik dengan sulam pita menghias bagian depannya harganya tak pernah kurang dari seratus ribu rupiah. Bahkan untuk sulaman dengan kualitas terbaik sepotong kain untuk abaya dengan sulam pita penuh harganya bisa mencapai empat ratus ribu rupiah, dan jangan lupa anda masih harus mencari penjahit terbaik untuk kain bersulam anda yang indah.

Mahalnya baju-baju sulam pita membuat beberapa wanita berpikir kreatif untuk tampil menawan tanpa harus menguras dompet terlalu banyak. Maka mengikuti kursus-kursus sulam pita menjadi pilihan. Meskipun kursus sulam pita juga tak bisa dibilang murah, namun kursus seperti ini jarang sepi peminat. Selain untuk hobby, bisa juga dihitung sebagai modal investasi yang akan mendatangkan keuntungan jika keahlian ini dikembangkan sebagai bisnis. Namun, jika mungkin berpikir untuk berbisnis sulam pita tidak ada dalam daftar anda, bersulam pita tetap bisa menguntungkan anda dari sisi penghematan. Mari kita hitung bersama keuntungan apa saja yang bisa anda dapatkan (diluar bisnis) jika anda terampil di bidang sulam pita.

1.Pertama, yang jelas anda akan menghemat pengeluaran anda untuk sepotong baju bersulam pita. Anda tinggal membeli kain dan pita sesuai selera, kemudian sulamlah dengan motif yang anda inginkan. Memang butuh kesabaran dan keseriusan dalam pengerjaannya, namun bisa dipastikan saat anda melihat hasilnya kelelahan anda akan langsung terbayar. Bahkan beberapa wanita yang kreatif mengubah tampilan baju-baju lama dengan menambahkan aksen sulam pita yang sesuai. Untuk ide ini anda bisa dua kali lebih hemat. Baju lama namun tampak baru!

2.Selain busana, sulam pita bisa melengkapi penampilan anda jika anda mengaplikasikannya pada tas tangan dan sepatu/selop. Kini sudah banyak dijual buku-buku sulam pita yang bisa menginspirasi anda untuk tas tangan dan selop. Saran saya, jangan takut untuk menggunakan pola/motif hasil kreasi anda pribadi, bisa saja lebih cocok untuk karakter anda dan lagi tak akan ada duanya didunia.

3.Jika urusan berbusana sudah beres, pikirkan juga untuk mempercantik rumah idaman anda dengan sulam pita. Anda bisa membuat tamplak meja, sarung bantal, tudung saji, hiasan dinding bahkan gordin rumah tempat tinggal anda tampak serasi dengan sulam pita. Sesuaikan warna-warna pita pilihan anda dengan cat tembok atau furniture hingga terlihat serasi.

4.Baju-baju si kecil pun bisa anda permanis dengan sulam pita. Namun yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan motifnya untuk busana buah hati anda. Motif bunga-bunga mungkin akan kurang diminatinya, anda bisa berkreasi dengan motif buah-buahan mungil berwarna-warni atau alfabet.

Nah, kalau sudah begini, rasanya mulai mempelajari bukanlah hal yang tak mungkin. Bahkan kalau anda memiliki waktu yang terbatas, dan malas keluar rumah untuk mengikuti kursus sulam pita. Anda bisa belajar di rumah. Hal ini sungguh mungkin. Karena buku-buku teknik sulam pita bagi pemula sudah banyak ditemui di toko buku. Jika anda memiliki waktu dan hobi berselancar di dunia maya, anda bisa dengan mudah menemui tulisan-tulisan dalam blog atau website yang membahas sulam pita. Lengkap dengan contoh-contoh pola dan cara pengerjaannya. Tunggu apalagi, tekuni hobi yang menyenangkan sekaligus menguntungkan ini sejak sekarang.

No comments: