Follow Us @soratemplates

Wednesday, February 20, 2013

Aku Suka Sekolah

Catatan Ibu, 20 Februari 2013

Ibu, aku suka sekolah

Alhamdulillaaaah, akhirnya terucap juga kata-kata itu dari si kecil yang mulai tumbuh besar. Tadinya saya sempat khawatir karena dulu, hampir setiap saat ketika harus bangun pagi untuk  berangkat sekolah pertanyaan dari mas Fawwaz adalah "kenapa aku harus sekolah?"
Saya dan suami sudah berusaha menjelaskan dengan bahasa sederhana tentang pentingnya sekolah, pentingnya belajar sedari kecil. Kategori 'belajar' ini bukan cuma buat hal yang sifatnya akademik, tapi termasuk belajar pasang baju sendiri, sepatu, bertanggung jawab sama mainan dan semua barang2 miliknya. 
Memang sih, tahun kemarin adalah tahun paling kacau untuk kalender akademik Fawwaz. Diawali dari lengan yang patah sampai harus drop out dari sekolah, pindah sekolah ke Jawa Timur, sampai akhirnya kembali ke Bogor di sekitaran bulan Oktober untuk bikin paspor, visa dan semua persiapan menuju Brisbane. Harapan kami, semoga tahun ini semua proses pembelajaran hidupnya bisa tertata lebih baik. Bisa dibilang saya dan suami seperti mulai semua proses dari awal, mulai belajar tidur sendiri, ngaji rutin dirumah, membantu ibu setiap pagi sebelum berangkat sekolah, mengemasi semua barangnya sendiri setiap hari. 
Hari pertama sekolah di Ironside :D
Amat menguras energi di awal untuk membiasakan mas Fawwaz dengan daily routines barunya, seperti sarapan, mandi dan berangkat sekolah tepat waktu, karena bulan-bulan sebelumnya dia hampir nggak punya rutinitas dikarenakan off dari sekolah. Harus benar-benar tarik nafas dalam-dalam kalau rewel nya mulai unjuk rasa. Sambil berusaha tetap konsisten dengan aturan yg disepakati di rumah biarpun mas Fawwaz mulai merajuk. 

Makanya saya Sampai sempet mules dan deg deg plas di hari- hari pertama mas Fawwaz sekolah di Ironside State School, beribu kekhawatiran muncul. Kalo nggak betah gimana? Kalo bosen gimana? Kalo nggak bisa ngomong sama sekali gimana? Akhirnya cuma bisa terus-terusan berdoa dalam hati setiap kali khawatir ini datang. Pasrah.
maen bola
Untunglaaah..... Sekarang progressnya baik. Guru di sekolah pun bilang Fawwaz sudah bisa "ngobrol" sama temen2nya setelah seminggu disekolah. Padahal 3 hari pertama tak sepatah katapun terucap (kata bu guru nya sih).
Dan hari ini, senang sekali saat dia bilang "ibu, aku suka sekolah"

Semoga menimba ilmu selalu jadi hal yang menyenangkan untukmu ya nak. Dan Semoga Allah selalu memudahkan jalanmu mencari ilmu dan menjadikannya bermanfaat untuk ummat, amiiin.

Dan juga, maafkan ayah dan ibu yang selalu menyertakanmu di pilihan hidup yang nggak mudah, memaksa mas Fawwaz untuk juga keluar dari hidup nyaman di usia belum  genap 6 tahun, tapi semoga semua pembelajaran ini bisa bikin mas Fawwaz lebih siap untuk hidup mandiri kelak, di dunia, dan akhirat. Amiiiin
Love,
IBu

Sent from my iPhone

2 comments:

Unknown said...

oooo love this piece...terharu....ibu dan ayah sangat luar biasa .....semoga fawaz tetep semangat ke sekolah dan jadi anak yg luar biasa buat ibu dan ayah :)

Lovable Me said...

aamiiin,
makasih tante dora,,,, #kecup pipi