Follow Us @soratemplates

Monday, December 30, 2013

Library Visit.


Salah satu program liburan Fawwaz yang sudah direncanakan jauh-jauh hari adalah kunjugan ke perpustakaan.
Sebenernya pepustakaan adalah tempat yang termasuk sering dikunjungi Fawwaz, hampir setiap minggu, bahkan kadang seminggu-pun bisa sampai dua-tiga kali.
Sebabnya banyak, karena banyak buku (iyalah, namanya juga perpus hehhe..), tempatnya nyaman, dan akses juga amat sangat gampang. Dan biasanya memang, perpustakaan yang paling sering dikunjungi adalah yang paling dekat dgn rumah, yaitu perpustakaan Toowong.

Nah kali ini, mengunjungi yang ada di pusat kota, yaitu Brisbane Square Library. Menurut catalog, kota Brisbane punya 33 buah perpustakaan, tersebar di seantero kota Brisbane. Nah, sayangnya baru sempat mengunjungi dua tempat, yaitu Toowong library dan Brisbane Square Library. pengennya siiiiih…bisa mengunjungi minimal separuh dari ke-33 perpustakaan itu. Hehehehe… #ngimpi.





Seperti apakah perpustakaan kota Brisbane ini? yuk kita intip.

Yang pertama : TOOOWONG Library.
Salah satu sudut koleksi buku Fiksi Toowong Library.
Area membaca untuk para dewasa.
Area yang paling menarik buat Fawwaz tentu saja area anak-anak, buku berwarna-warni, bantal-bantal besar, meja dan kursi mini, dan satu buah komputer, belum lagi ruangan yang di-cat warna-warni, saya pun bahagia bukan main di area ini, karena bisa reunian dengan beberapa buku bacaan saya pas masih anak-anak, asterix-obelix, dragon ball, tintin, hahahahha…….senang pokoknya! :D
Salah satu sudut area membaca untuk anak-anak yang tampak meriah .
Bagian atas area membaca anak-anak pun dihias sedemikian rupa.
Tenggelam diantara buku bacaan, hahah.
Sudut untuk menulis, menggambar, mewarnai, atau sekedar duduk-duduk. 


Perpustakaan Toowong dilengkapi dengan beberapa komputer untuk akses Internet dan ruang baca mungil untuk para remaja. Seingat saya juga punya satu atau dua meeting room, koleksi bacaannya pun sangat beragam dan terawat baik, mulai dari majalah, buku-buku, VCD, dan bibliography. Beberapa buku berlabel merah nggak bisa dipinjam dan dibawa pulang, hanya boleh dibaca di tempat, keliahatannya karena buku-buku ini termasuk koleksi langka, dan kebanyakan adalah literatur yang menceritakan perkembangan kota Brisbane dari masa ke masa.


Nah, lalu? bagaimana dengan perpustakaan Kota?

Ini dia, ternyata ada 3 lantai. Lantai 1 (ground), adalah tempat anda bisa kongkow2, karena disediakan tempat duduk yang nyaman banget, disini pula peminjaman buku bisa dilakukan. Tadi saya sempet muter2 di lantai 2 nyari mesin otomatis buat minjem beberapa buku, nggak ada, ternyata hanya ada di lantai satu ini, hahahah….

lantai dua ada toilet (info penting ini :D ), komputer, meeting room (kalo nggak salah ada beberapa), daaan area bacaan anak-anak, Yihaaaa, dan ada pula Xbox gratis…asal anda mau ngantri, dan televisi segede gaban.
Luas, nyaman, adem dan bersih, satu lagi, koneksi internetnya yahud !!
Xbox, salah satu fasilitas gratis di perpustakaan kota.
Mari nonton TV :)
Salah satu sudut koleksi buku di perpustakaan kota.
Ini maenan apa sih namanya? saya juga nggak tau, touch screen, edu gamesnya pun macem-macem,  bisa maen sendirian, ataupun beramai-ramai.
           
Beberapa brosur yang dikumpulkan hari ini, berupa informasi tentang acara liburan anak-anak, berbayar ataupun gratis, tinggal kunjungi web-nya, booking, dan nikmati acaranya di hari-H nanti.
           
Overall, sejauh ini, saya dan Fawwaz selalu puas setiap kali mengunjungi perpustakaan di kota Brisbane.  Mendaftarnya pun cukup gampang, cukup tunjukkan ID anda dan keterangan yang menunjukkan dimana anda tinggal, waktu itu saya cukup nunjukin student card dan leasing agreement ajah, tunggu 10 menit-an, dan kartu anda pun siap dipakai. Bagusnya lagi mereka sudah punya sistem terpadu, jadi kalaupun anda pinjam di satu perpustakaan, anda boleh mengembalikan buku, majalah ataupun VCD di perpustakaan manapun. Satu kali pinjam bisa sampai 20 buku dalam rentang waktu satu bulan, dan kalau masih belum tuntas, proses renew bisa dilakukan secara online untuk satu bulan berikutnya. Mudah bukan, belum lagi koleksi mereka yang sangat up to date, sssttt, tadi saya sempet nyomot (baca:pinjem) Vogue terbaru.  :D

Belum lagi mereka punya beberapa acara reguler yang sangat ramah untuk anak-anak,  misalnya acara baby and books rhymes, toddler time, children's story time, Sangat recommended untuk anak-anak dan para orang tua.     

Yuk, mari kita berkunjung ke perpustakaan :D                                                                                           

No comments: