Follow Us @soratemplates

Wednesday, September 5, 2018

review buku: Raa Raa's quiet time (the noisy lion)


Review hari ini adalah buku anak-anak yang ditulis dalam bahasa Inggris berjudul "Raa Raa's quiet time"



Buku ini terdiri dari 7 lembar (sekitar 16 halaman) dan dicetak di kertas karton tebal dan berwarna. Cover yang berwarna-warni bikin buku ini tampak nenarik dibaca bersama orang tua. Saya mengamati beberapa kata dituliskan dalam ukuran besar dan tebal. Dengan sedikit improvisasi cara membaca dari orang tua, buku ini akan memudahkan anak-anak mengenal beberapa kosakata dalam bahasa Inggris.





Misalnya seperti kosakata "butterfly" yang ada di halaman 8, seperti yang tampak pada gambar disamping.
Jika dibaca dengan intonasi yang sedikit berbeda, dan kita tunjuk tulisannya. Otomatis si anak akan merekam suara sekaligus urutan alfabet yang ditunjuk. Metode belajar membaca seperti ini umum diajarkan di negara berbahasa inggris.
Unik nya lagi anak-anak akan dengan cepat 'menangkap' esensi dari kata-kata yang ditunjuk.

Saya jadi ingat, cara ini adalah cara membaca yang diajarkan disekolah si sulung di Ironside state school. Dia yang tadinya nol dalam bahasa Inggris, bisa lancar membaca dalam waktu 3 bulan, sekaligus menulis 😅😅😅.
Padahal tadinya bahasa indonesia pun dia gak bisa baca.

Salah satu alasan kenapa saya tertarik beli buku ini adalah karena diterbitkan oleh Ladybird Publisher. Reputasi mereka dalam menerbitkan buku literasi untuk anak sangat baik. Oh ya, ini saya beli di indonesia yaaa, jadi bukan buku-buku yang sengaja saya bawa dari brisbane. Belinya dalam kondisi sangat baik walaupun seken di toko online Halaman Moeka. Karena buku seken harganya pun ramah dikantong.

Buku ini bercerita tentang Raa Raa yaitu seekor singa kecil yang bersuara keras (ya kan singa, kalau suaranya imut namanya kucing dong ya) dan 3 teman-temannya yang terkejut ketika melihat seekor kupu-kupu yang terbang. Cerita berlanjut ketika tak ada satupun teman-teman Raa Raa yang tau nama makhluk tadi, hingga akhirnya mereka mengenal si makhluk mungil yang selalu terbang ini sebagai butterfly alias si kupu-kupu.

Saya bacakan buku ini buat si toddler ya.. walaupun si sulung sesekali juga ikutan ngintip2 buku ini.
Oh iya, karena si adek juga masih 16 bulan, jadi yang jelas targetnya adalah bukan belajar membaca, tapi cuma sekedar membiasakan diri dengan buku. So I do not expect too much, lol. But this is a good source for my home library.

Happy reading...😘😘

No comments: